Windows Phone Belum Mampu Menyaingi Android-iOS

List Berbagi - Microsoft tampaknya harus berusaha lebih keras untuk bisa bersaing dengan duo raksasa sistem operasi (OS) yaitu Android dan iOS Apple. Hal ini karena OS milik raksasa software itu, Windows Phone, tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak awal tahun ini di Amerika Serikat (AS).

windows phone




Dilansir Neowin, Jumat (8/8/2014), berdasarkan data yang dirilis perusahaan riset comScore, pertumbuhan Windows Phone bahkan tidak mencapai satu persen. Pangsa pasar Windows Phone pada kuartal I/2014 adalah 3,3 persen, naik menjadi 3,4 persen selama tiga bulan yang berakhir pada Juni 2014.

Sementara itu, kompetitor utama di pasar smartphone yaitu Android dan iOS mendominasi lebih dari 90 persen. Namun untuk Android mengalami penurunan dari 52,2 persen menjadi 51,9 persen. Sedangkan iOS naik dari 41,4 persen menjadi 42,1 persen.

BlackBerry masih memiliki porsi di Negara Paman Sam, tapi turun dari 2,7 persen menjadi 2,4 persen. Symbian juga mengalami penurunan dari 0,2 persen menjadi 0,1 persen.

AS adalah pasar penting bagi Microsoft, karena banyak smartphone yang dijual di negara itu adalah produk kelas menengah ke atas. Sehingga laba yang dihasilkan lebih besar.

Adapun untuk vendor smartphone terpopuler di AS adalah Apple dan Samsung. Apple memimpin dengan menguasai 42,1 persen pasar smartphone, di depan Samsung yang memiliki kontribusi sebesar 28,6 persen.

Sedangan rival yang lain, LG, memiliki pangsa pasar 6,4 persen, diikuti Motorola dengan 5,9 persen, dan HTC 4,8 persen.